Fakultas Ilmu Komunikasi - Magister Ilmu Komunikasi, GELANGGANG Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 664)
KOMUNIKASI VISUAL PERSONAL BRANDING SOEKARNO (SEBUAH ANALISIS SEMIOTIKA)
Agung Kurniawan
ABSTRAK
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya para politisi dan masyarakat dalam membangun semiotika komunikasi visual personal branding, oleh karena itu peneliti membahas semiotika komunikasi visual personal branding Soekarno agar supaya apa yang dilakukan Soekarno dapat menjadi rujukan bagi para politisi dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah mengapa Soekarno melakukan komunikasi visual.Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, yang menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia, bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini menggunakan kajian teori semiotika Saussure dan Barthes yang membahas penanda dan petanda, dan pierce dengan icon, index dan symbol. Kajian konsep menggunakan analisis SWOT, SOSTAC + 3Ms planning system, dan personal branding menurut pendapat David McNally dan Karl D. Speak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Soekarno dengan secara sengaja membangun personal branding (brand name, brand mark, tagline, positioning), Soekarno membangun komunikasi visual yang terencana, baik melalui bahasa tubuhnya maupun melalui brand attributes (peci, uniform, tongkat komando, kacamata, keris dan pedang, kendaraan), brand icon dan brand image. Cerita tentang Soekarno dari beberapa kepustakaan selalu berbeda versi, demikian juga berbeda dengan hasil wawancara, namun semua perbedaan versi tersebut justru membuat personal branding Soekarno menjadi semakin besar.
Kata kunci: Komunikasi Visual Personal Branding
Download (Full Text): PDF