Fakultas Psikologi - Magister dan Doktor Psikologi, ORATORIA Vol. 4 No. 2, Juli 2017 (Views: 569)
PENGARUH KONTROL DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UPI Y.A.I JAKARTA
Yulianita
ABSTRAK
Salah satu permasalahan yang banyak dihadapi mahasiswa dalam mengerjakan skripsi adalah pemanfaatan waktu yang tidak efektif maupun ketidakdisiplinan Fenomena prokrastinasi atau perilaku menunda nunda untuk memulai atau melakukan sesuatu terjadi hampir pada setiap jenjang pendidikan Kurangnya kontrol diri dan rendahnya motivasi berprestasi diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya prokrastinasi akademik Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kontrol diri dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa I UPI YAI Fakultas Psikologi yang sedang menyelesaikan skripsi Tehnik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling Metode pengumpulan data menggunakan skala yakni skala kontrol diri motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik Hasil analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan metode stepwise dimana terdapat kontribusi kontrol diri 5 8 dan motivasi berprestasi 18 8 terhadap prokrastinasi akademik Dari nilai R 0 496 p 0 000 p 0 05 menunjukkan adanya pengaruh kontrol diri dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi Dimana nilai p kontrol diri diperoleh p 0 004 dan koefisien beta 0 259 dan nilai p motivasi berprestasi diperoleh p 0 000 dengan koefisien beta 0 337 Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan dengan arah negatif antara kontrol diri dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Fakultas Psikologi UPI YAI
Kata kunci: Kontrol Diri, Motivasi Berprestasi Dan Prokrastinasi Akademik
Download (Full Text): PDF