Fakultas Teknik - Teknik Informatika, JUTECH-INFORMATICS Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 1399)
MEMBANGUN APLIKASI PENGENALAN
SEJARAH PERADABAN KUNO DI INDONESIA
BERBASIS MULTIMEDIA
Rahma Mutiawati
ABSTRAK
Berkembangnya teknologi informasi membuat komputer cenderung digunakan dalam proses
belajar mengajar. Maka dari itu, dibuatlah sebuah aplikasi pengenalan sejarah peradaban kuno di
Indonesia yang dapat menjadi alat bantu belajar dan penyampaian materi menjadi lebih menarik,
interaktif dan dinamis sehingga peserta didik tidak merasa bosan. Pengenalan sejarah peradaban kuno di
Indonesia sangatlah penting dalam dunia belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama. Karena dengan
materi tersebut, kita dapat mengetahui awal mula terjadinya kehidupan di Indonesia serta peralatan yang
digunakan. Metodologi yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah MDLC (Multimedia
Development Life Cycle) meliputi concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution.
Program pengembang sistemnya menggunakan Adobe Flash CS 5 dan 3ds Max 2010. Aplikasi ini dapat
memberikan informasi tentang penjelasan dan hasil kebudayaan dari zaman batu dan zaman logam yang
berkembang di Indonesia dengan tampilan yang menarik dan interaktif.
Kata kunci: Sejarah Peradaban Kuno Di Indonesia, Aplikasi, MDLC, Adobe Flash CS5, 3DS Max 2010
Download (Full Text): PDF