Fakultas Ilmu Komunikasi - Magister Ilmu Komunikasi, GELANGGANG Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 687)
KONVERGENSI MEDIA (ANALISIS INSTITUSIONAL KOMUNIKASI BISNIS PADA TRANSMEDIA GROUP)
Woro Harkandi Kencana
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan menjelaskan Kebijakan Trans Mediagroup dalam melakukkan konvergensi media, bentuk dan tahapan konvergensi media dalam memproduksi dan mendistribusikan pesan pada Trans Media Group dan komunikasi bisnis pada Trans Media Group (Trans TV,Trans7 dan Detik.com dalam menghadapi persaingan industri media.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan konvergensi yang terjadi di TransMedia Group. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan pemimpin dan karyawan TransMedia Group. Kemudian data dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa melalui kebijakan institusionalnya TransMedia Group melakukan konvergensi media dalam menghadapi persaingan industri media yang semakin ketat. Persaingan media ini tidak dapat dihindari di tengah pasar bebas yang bersaingan memperoleh pasar, pemasukan iklan, dan investor.Konvergensi media merupakan kebijakan yang tepat untuk mengintegrasikan sistem di dalam institusi dari segi teknologi maupun manajemen yang profesional. bentuk konvergensi yang terjadi di TransMedia Group adalah konvergensi teknologi, konvergensi ekonomi, dan konvergensi konten.Sedangkan tahapan konvergensi yang telah dilaksanakan promosi silang (cross promotion), penggandaan konten (cloning), kompetisi (coopetition) dan berbagi konten (content sharing) pada tahapan konvergensi penuh (full convergence) meskipun TransMedia belum memiliki ruang redaksi bersama (single newsroom/production room).Komunikasi bisnis menjadi penunjang dalam konvergensi media dengan budaya organisasi dan kepemimpinan yang tepat maka group media akan memperkuat eksistensi institusi di tengah pasar bebas di kawasan regional maupun internasional.
Kata kunci: Konvergensi Media, TransMedia Group, Analisis Institusional, Komunikasi Bisnis
Download (Full Text): PDF