Fakultas Ilmu Komunikasi - Magister Ilmu Komunikasi, GELANGGANG Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 991)
PERUBAHAN SITUS KASKUS.CO.ID (ANALISIS KEBIJAKAN KOMUNIKASI BISNIS)
Mega Paramitha
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan alasan perubahan yang terjadi pada situs kaskus.co.id dan menjelaskan bentuk perubahan yang terjadi. Perubahan tersebut merupakan salah satu kebijakan yang diambil dalam lingkup komunikasi bisnis di internet. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat deskriptif, yakni penelitian yang menggambarkan perubahan situs kaskus.co.id. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan karyawan kaskus.co.id. Kemudian data dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa perubahan yang terjadi pada situs kaskus.co.id terjadi karena adanya perkembangan tren situs di Indonesia dan perubahan segmentasi situs. Perubahan situs diputuskan melalui model perubahan yang meliputi: masukan dari hasil analisis SWOT situs kaskus.co.id; elemen yang diubah adalah kebijakan yang didukung aspek manusia, aspek faktor sosial, aspek metode, dan aspek tujuan perusahaan; dan hasil perubahan yang diinginkan berada pada level organisasi dengan desain tampilan situs format website 2.0 yang clean dan user friendly.
Kata kunci: Perubahan Situs, Kaskus.co.id, Komunikasi Bisnis
Download (Full Text): PDF