Fakultas Ilmu Komunikasi - Magister Ilmu Komunikasi, GELANGGANG Vol. 2 No. 1, Januari 2015 (Views: 996)
ANALISIS SEMIOTIKA PESAN KEMASAN PERMEN KIS PADA IKLAN TELEVISI
Ari Lugina
ABSTRAK
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mengkaji, dan mengungkapkan makna semiotika yang terkandung dibalik iklan visual produk makanan dari PT. Mayora Indah, Tbk bekerjasama dengan biro periklanan dalam memproduksi iklan tayang melalui media televisi. Dalam merancang iklan televisi, industri periklanan menciptakan konsep iklan membutuhkan sebuah ide kreatif visual berupa isi pesan dan makna yang diaplikasikan pada komunikasi iklan visual baik secara verbal dan non verbal sesuai tujuan segmen atau target audien. Penelitian mengacu pada teknik analisa semiotika model Roland Barthes memaparkan makna denotasi adalah apa yang digambarkan tanda terhadap sebuah objek bersifat langsung, sedangkan makna konotasi adalah bagaimana cara menggambarkannya dan mempunyai makna yang subjektif untuk digunakan menunjukan signifikasi tahap kedua. Mitos adalah bagaimana kebudayaan menjelaskan atau memahami beberapa aspek tentang realitas masa kini. Hal ini menggambarkan interaksi yang terjadi ketika tanda bertemu dengan perasaan atau emosi dari pemirsa serta nilai-nilai dari kebudayaanya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan sifat deskriptif, yakni penelitian bermaksud memberikan gambaran tentang pemaknaan iklan tayang permen kis pada media televisi secara detail dilakukan terhadap variabel mandiri yakni tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain karena pemaknaan tidak terbatas jumlahnya dan bisa terus berubah. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan tim kreatif PT.Mayora Kemudian data dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan makna dibalik iklan komersial permen kis yang ditayangkan melalui media televisi lokal swasta ini terjadi adanya perkembangan dalam persaingan industri periklanan membuat iklan secara kreatif kepada masyarakat sesuai target audien dan segmentasinya. Iklan sebagai konstruksi realitas dalam media bentuk komunikasi yang harus disampaikan kepada khalayak. Pesan iklan menonjokan hal-hal yang baik sebagai nilai guna yang dimiliki pada kemasan produk tersebut hal ini menggunakan beberapa segi unsur pendukung yakni menghadirkan figur-figur tertentu (tokoh), unsur simbolik yang dipakai (warna), tanda verbal (teks, audio), tanda non verbal seperti gesture, body language,mimik dan ekspresi. Sehingga jika unsur diatas mengalami menggabungan secara kreatif akan menghasilkan tayangan iklan yang menarik dan makna komunikasi dapat dimengerti maksud dan tujuan dalam tayangan iklan tersebut.
Kata kunci: Semiotika, Makna Denotasi Konotasi, Makna Non Verbal
Download (Full Text): PDF