Fakultas Teknik - Teknik Sipil, JETESI Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 1614)
KAJIAN KEMACETAN PADA GERBANG KELUAR PINTU TOL BEKASI BARAT GUNA
PENINGKATAN PELAYANAN TERHADAP MASYARAKAT
(STUDI KASUS PADA GERBANG TOL KELUAR BEKASI BARAT)
Zulham Chandra
ABSTRAK
Dalam rangka mendukung pergerakan lalu lintas dijalan tol secara
aman, nyamandan efisien, salah satu aspeknya terkait dengan sistem
pengumpulan tol dan kapasitas gerbang tol.Sistem pengumpulan tol adalah
suatu rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan transaksi tol berupa proses
pelayanan, Pada prinsipnya proses sistem pengumpulan tol harus didasarkan
pada pelayanan yang cepat, tepat, aman dan nyaman pada pengguna tol, dan
dengan didukungnya kapasitas gerbang yang sesuai dengan kebutuhan gerbang
saat ini. Gerbang keluar tol Bekasi Barat merupakan gerbang yang melayani
kendaraan yang menggunakan jasa pelayanan jalan Tol Jakarta-Bekasi
Barat.Pada Gerbang ini sistem pengumpulan tol yang digunakan adalah sistem
terbuka yang berfungsi untuk melayani pembayaran tol kep ada pemakai jalan
tol dan hanya memilik I gardu keluar.Arus lalulintas datang dari arah Jakarta
yang tingkat kedatangan pada jam sibuk sore hari di gerbang keluar tol Bekasi
Barat sebesar 1590 kend/jam dengan pola kedatangan tersebut mengikuti pola
Distribusi poisson. Sistem gerbang dibedakan menjadi 2 yaitu, gerbang
konvensional dan gerbang Tol otomatis (GTO). Waktu pelayanan rata-rata
pada jam sibuk sore hari, untuk konvensional adalah sebesar 11.03
detik/kendaraan atau dan gerbang tol otomatis adalah sebesar 3.56
detik/kendaraan.Untuk mengetahui permasalahan Gerbang Keluar Tol Bekasi
Barat pada saat ini, dilakukan analisis dengan metoda sistem antrian Multiple
Queue Station(antrian saluran ganda) dan Single Station(antrian saluran
tunggal). Dari hasil analisis untuk kerja gerbang tersebut ternyata gerbang
keluar Tol Bekasi Barat hampir mendekati jenuh ditandai dengan ratio
intensitas lalu lintas (ρ)yaitu:(gardu 10) ρ = 0.963.
Kata kunci: Jalan Tol, Waktu Pelayanan, Kemacetan
Download (Full Text): PDF