Fakultas Psikologi - Psikologi, INQUIRY Vol. 1 No. 1, Januari 2014 (Views: 1375)
PERBEDAAN EFIKASI DIRI TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA-SISWI YANG MENGIKUTI KURSUS DAN TIDAK MENGIKUTI KURSUS MATEMATIKA
Margaretha Mia Sekar Pratami Santoso
ABSTRAK
Pada tingkat dasar, berhitung bukan suatu pelajaran yang sulit tetapi pada tingkat lanjut pelajaran berhitung berkembang menjadi pelajaran matematika. Adanya anggapan siswa-siswi bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit menyebabkan siswa-siswi menghindari pelajaran matematika dan mengalami kesulitan dalam ujian matematika. Siswa-siswi tersebut akhirnya mengalami kecemasan matematik atau adanya rasa tegang dan cemas yang menghambat manipulasi angka-angka dalam memecahkan soal-soal matematika. Bagi para siswa-siswi yang menganggap pelajaran matematika itu sulit, mereka membutuhkan kursus matematika di luar jam sekolah agar mereka memiliki efikasi diri yang tinggi dalam mengerjakan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efikasi diri antara siswa-siswi yang mengikuti kursus dan yang tidak mengikuti kursus matematika dalam soal-soal matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan skala sikap. Dari hasil analisa uji t, ditemukan hasil signifikan 0,04 < 0,05 bahwa hipotesis diterima dan menyatakan ada perbedaan antara siswa-siswi yang mengikuti kursus dan tidak mengikuti kursus matematika. Keywords : Efikasi Diri, Pelajaran Matematika, Kursus
Kata kunci: Efikasi Diri
Download (Full Text): PDF